SKILLS IN WRITING ARGUMENTATIVE ESSAY
Abstract
Menulis adalah media komunikasi manusia untuk mempresentasikan pikiran dan perasaan mereka kedalam kertas agar orang bisa mengertidenganpesannya.Secara umum, siswa tidak memberikan argumen yang mendukung posisi mereka dan tidak memberikan bukti untuk meyakinkan pembaca dalam menulis, terutama dalam menulis argumentative essay. Siswa diminta untuk memahami tentang bagaimana pengembangkan ide-ide mereka berdasarkan unsur-unsur argumentative essay sebagai panduan mereka dalam menulis dalam bahasa Inggris dan menerapkan kemampuan berpikir kritis dalam menulis bahasa Inggris.Berdasarkan masalah di atas, peneliti menganalisa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menulis argumentative essay di STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh pada Tahun Akademik 2017/2018.
Peneliti menggunakan desain deskriptif kuantitatif dalam penelitian. Peneliti memilih mahasiswa tahun kedua Jurusan Bahasa Inggris sebagai peserta di STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, dengan peserta sebanyak 13 siswa.Untuk mengumpulkan data, peneliti memberikan tes tulis dan meminta peserta untuk menulis argumentative essay sekitar 300 kata selama 60 menit. Instrumentasi dalam penelitian ini memiliki isi validitas berdasarkan SAP dari STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh Tahun Akademik 2017/2018, karen asemu apeserta telah mempelajari argumentative essay dalam mata pelajaran menulis. Untuk realiabilitas data, peneliti menggunakan inter-rater reliabilitas dan koefisien reliabilitas dari pemeriksa 1 danpemeriksa 2. Telah diketahui bahwa skor rata-rata siswa tahun kedua adalah 60, yang berarti kemampuan berpikir kritis mereka rata-rata baik (average to good).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.