Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Naskah Takbir Gempa

  • Yuhardi Yuhardi

Abstract

Kecerdasan ekologis sangat penting untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran, siswa yang memiliki kecerdasan ekologis dapat memahami setiap prilaku dan tindakan, tidak hanya berdampak pada dirinya tetapi juga berdampak pada lingkungannya. Dalam proses pembelajaran, lingkungan menjadi salah satu faktor penting keberhasilan suatu pembelajaran. Pembelajaran yang berhasil ditandai dengan bermanfaatnya pembelajaran tersebut bagi lingkungan dimana seseorang tersebut tinggal. Sikap atau pandangan yang khas dari suatu daerah dalam menghadapi suatu fenomena di daerahnya menjadi sebuah pemahaman yang bisa pelajari dan bisa diambil untuk pembelajaran di sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan ekologis yang terdapat dalam naskah takbir gempa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga kecerdasan ekologis dalam naskah takbir gempa yaitu kesadaran, pemecahan masalah, dan kepekaan sosial

Published
2024-08-02
How to Cite
Yuhardi, Y. (2024). Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Naskah Takbir Gempa. Jurnal Edukasi, 4(1), 50-57. Retrieved from https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/118