MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STRUKTUR BUNGA DI KELAS IV SD NEGERI 07 PAYAKUMBUH
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian perbaikan pembelajaran tentang peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi Struktur Bunga dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual (CTL) pada kelas IV SD Negeri 07 Payakumbuh. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa di SD Negeri 07 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 07 Payakumbuh pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Jenis dari Penelitian ini yaitu berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 07 Payakumbuh yang berjumlah 19 orang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan yakni pada Siklus I 89,47% dan pada siklus II 100%. Dengan demikian, pembelajaran IPA dengan menggunakan model pendekatan kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan bisa digunakan untuk memperbaiki pembelajaran IPA pada materi Struktur Bunga.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.