PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DEBAT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang aktif dalam belajar, bermain-main dalam belajar, kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran dan tidak ada motivasi dalam belajar sehingga berpengaruh negatif terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif debat terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode penelitiannya adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 6 kelas dengan jumlah siswa 197 orang. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas diambil dengan cara Purposive Sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini digunakan adalah tes akhir hasil belajar berupa tes objektif. Data dianalisis dengan uji t, dimana terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas.Berdasarkan skor tes akhir hasil belajar biologi siswa, diperoleh rata-rata kelas eksperimen 72,46 dan kelas kontrol 55,97. Berdasarkan analisis data maka diperoleh thitung = 8,52 > ttabel = 1,67 pada taraf nyata a = 0,05 dengan taraf kepercayaan 95%, berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran aktif debat terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.