PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI I KAPUR IX KABUPATEN 50 KOTA

  • Nurlaila Sitepu
  • Ria Guspita

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan di SMAN 1 Kapur IX masih belum memiliki modul yang menggunakan pendekatan tertentu, sehingga menyebabkan rendahnya kreatifitas, sehingga membuat siswa bosan dalam pembelajaran.Sehubungan dengan itu dilakukan pengembangan modul yang berbasis Kearifan Lokal dengan tujuan menghasilkan modul Biologi berbasis Kearifan Lokal untuk siswa kelas X SMAN 1 Kapur IX yang valid dan Praktis.

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and development). Prosedur penelitian menggunakan desain 4-D (four D) yang terdiri dari tahap pendefenisian (define) , perancangan (design), pengembangan (development), penyebaran (disseminate)

. Pada tahap pengembangan peneliti melakukan validasi terhadap modul Biologi berbasis Kearifan Lokal yang dilakukan oleh 3 orang validator dengan menggunakan angket validasi dan melihat Praktikalitas modul berbasis Kearifan Lokal dengan menggunakan angket respon guru dan siswa.

Hasil pengolaan data validasi modul memperoleh hasil rata-rata sebesar 79,16 % dengan kriteria valid. Hasil praktikalitas yang diperoleh dari respon guru dengan rata-rata 92,5 % dengan kriteria sangat praktis. Hasil praktikalitas yang diperoleh dari respon siswa diperoleh rata-rata 94,89% dengan criteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan modul biologi yang berbasis kearifan lokal sudah valid dan praktis digunakan untuk materi perubahan lingkungan.

Published
2025-01-23
How to Cite
Sitepu, N., & Guspita, R. (2025). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI I KAPUR IX KABUPATEN 50 KOTA. Jurnal Edukasi, 5(2). Retrieved from https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/127